PENGEMBANGAN FASILITAS OBJEK WISATA LAWANG PARK KABUPATEN AGAM SUMATERA BARAT
Keywords:
Pengembangan, Fasilitas, Lawang Park.Abstract
Penelitian ini dilakukan di Nagari Lawang, Kabupaten Agam. Sektor ini memberikan nilai ekonomi yang cukup tinggi bagi pendapatan daerah dan masyarakat sekitar. Kepuasan pengunjung pada sektor tersebut bergantung pada pengelolaannya. Salah satunya dari sumber daya manusia dan juga fasilitas yang disediakan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan mengetahui “Pengembangan Fasilitas Objek Wisata Lawang Park di Nagari Lawang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat Tahun 2023”. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data yang berisi observasi, wawancara, dan studi pustaka. Deskripsi teoritis berisi destinasi wisata, objek wisata, dan pengembangan fasilitas. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa fasilitas pada objek wisata Lawang Park perlu dikembangkan sehingga dapat meningkatkan minat wisatawan berkunjung.
References
Prayogo, Rangga Restu. (2018). Perkembangan Pariwisata Dalam Prepektif Pemasaran Pemasaran. PT Lontar Digital Asia: Bitread Publishing.
World Tourism Organization (WTO), 1999, I nternational Tourism A Global Persprctive, Madrid, Spain.
Undang-Undang No. 10 tahun 2009 Bab 1, pasal 1, ayat 3 tentang Kepariwisataan.
Harahap, M (2018). Tanggapan Pengunjung Terhadap Fasilitas Objek Wisata Rumah Batu Serombou Di Kabupaten Rokanhulu. Jurnal Organisasi dan Manajemen.
James J. Spillane (1989). Pariwisata Indonesia, Sejarah dan Prospeknya. Yogyakarta: Kanisius
Siregar, (2017). Analisa Proses Rekrutmen Karyawan Pada Madani Hotel Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
H.C, Murti. 2013 Persepsi Wisatawan Terhadap Pengembangan Objek Wisata Batang Dolphin Center. Jurnal Bumi Indonesia.
I Gede Noviana Putra, dan I GPB Sasrawan Mananda.2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Terhadap Niat Berkunjung Kembali Wisatawan Mancanegara ke Daya Tarik Wisata Alas Pala Sangeh. Jurnal IPPTA, Vol 4, No 2.
Niemah F, Kartika (2014). Peristiwa Wisatawan Mancanegara Terhadap Fasilitas dan Pelayanan Di Candi Prambanan. Yogyakarta: Jurnal Nasional Pariwisata.
Cooper, et al, 2005. Tourism primciple and Practice 3nd ed. Prentioe Hall, Newyork.
Wahyuningrum. (2004). Buku Arjuna Manajemen Failitas Pendidikan. Jakarta Raja Grafindo
Badudu. J.S.DKK.1995. Kamus Umum Bahasa Indonesia Jakarta: Pustaka Sinar Harapan
A. Yoeti (1997).perencanaan dan pengembangan pariwisata. Jakarta :PT Pradnya Pramita