STRATEGI PENGEMBANGAN OBJEK WISATA PANTAI MALIGI KABUPATEN PASAMAN BARAT

Authors

  • Yulhaslinda Yulhaslinda Akademi Pariwisata Paramitha Bukittinggi
  • Iis Amelia

Keywords:

pantai maligi, wisata, promosi

Abstract

Pantai Maligi merupakan salah satu potensi wisata yang dapat

dikembangkan dan dipasarkan secara cepat dalam sektor wisata air. Potensi yang dimiliki oleh daerah ini harus dikelola secara optimal agar mendapatkan hasil yang maksimal pula. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pengembangan Objek Wisata Pantai Maligi di Kabupaten Pasaman Barat. Metode Pengumpulan Data menggunakan Field Research/penelitian lapangan yaitu melakukan penelitian dengan cara memperoleh data secara langsung yaitu Wawancara, dan Observasi Library Research/penelitian kepustakaan. Metode analisis data yang digunakan adalah metode Deskriptif Kualitatif yaitu analisis yang digunakan dengan cara menjelaskan fenomena, kejadian, dinamika sosial, sikap keyakinan dan persepsi seseorang atau kelompok terhadap sesuatu dengan menyusun asumsi dasar dan kaidah berpikir yang akan digunakan dalam penelitian. Strategi pengembangan Objek Wisata Pantai Maligi antara lain dengan cara meningkatkan promosi objek wisata Pantai Maligi, meningkatkan dan melengkapi sarana dan prasarana pada objek wisata Pantai Maligi, memberikan penyuluhan berupa pengetahuan kepada pengelola tentang kepariwisataan agar semua komponen dapat bekerja sama dalam upaya pengembangan objek wisata Pantai Maligi.

References

Agustina, M. D. P. (2021). Optimalisasi Desa Wisata Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat.

Butar-Butar, M., & Arief, A. M. R. (2015). Pelestarian benda cagar budaya di objek wisata museum Sang Nila Utama provinsi Riau (Doctoral dissertation, Riau University).

Jaenuddin, M. (2018). Upaya peningkatan pendapatan asli daerah melalui pengembangan pariwisata di Kabupaten Mamuju (Doctoral dissertation, Universitas Hasanuddin).

Karlina, A. (2019). Strategi Pengembangan Potensi Wisata Alam Di Kabupaten Aceh Jaya (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).

Maftukin, H. (2017, April). SPORT TOURISM SEBAGAI STRATEGI DAN TANTANGAN PERKEMBANGAN SOCIAL OLAHRAGA DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT. In prosiding seminar keindonesiaan II.

Malik, S. (2010). Strategi Pengembangan Agrowisata Kandank Jurank Doank.

Pariwisata, K. (2009). Undang-Undang Republik Indonesia No 10 Tahun 2009. Indonesia: Kementerian Pariwisata.

Riani, N. K. (2021). Pariwisata adalah pisau bermata 2. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(5), 1469-1474.

Risnawan, W. (2018). Strategi pemerintah daerah dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Kecamatan Panumbangan Kabupaten Ciamis. Dinamika: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 4(4), 574-580.

RIWAYATININGSIH, R., & Purnaweni, H. (2018). Prioritas Pengembangan Wisata Alam Pegunungan Di Kabupaten Kendal.

Sulistyan, R. B., Irdiana, S., & Pradesa, H. A. (2018, September). Pengembangan destinasi dan daya tarik wisata air terjun sebagai daerah tujuan wisata. In Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF) (Vol. 2, pp. 1438-1447).

Buryane Yelanda (2018). Strategi Pengembangan Objek Wisata Puncak Lawang Kabupaten Agam.

Downloads

Published

31-07-2024