PENGARUH DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI SISWA MISKIN PADA MTSN KUBANG PUTIH DI KABUPATEN AGAM

Authors

  • Rohimah Nur Nasution Akademi Pariwisata Paramitha Bukittinggi

Keywords:

Dana BOS (Pembiayaan perawatan sekolah, Bantuan transportasi siswa), Motivasi Siswa Miskin

Abstract

The purpose of this study was to examine the effect of BOS funds (school maintenance financing, student transportation assistance) on increasing the motivation of poor students at MTsN Kubang Putih. questionnaire. Testing this data analysis was carried out based on the validity test, it was found that the research instrument was declared valid, the results of the reliability test of the research instrument were stated to be reliable. The results of multiple linear regression analysis show that the school maintenance financing variable (X1), student transportation assistance variable (X2) has a positive and significant effect on increasing the motivation of poor students at MTsN Kubang Putih. With a significant value <0.05. The results of the partial test show that each of these variables has a significant effect on increasing the motivation of poor students at MTsN Kgubang Putih. The results of the f test show that each variable simultaneously has a significant effect on increasing the motivation of poor students at MTsN Kubang Putih

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Dana BOS (Pembiayaan perawatan sekolah, Bantuan transportasi siswa) terhadap peningkatan Motivasi siswa miskin pada MTsN Kubang Putih.Metode analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisa Regresi Linier Berganda yang terlebih dahulu mengumpulakan data dengan teknik wawancara dan kuisioner. Pengujian analisis data ini dilakukan  berdasarkan uji validitas didapat bahwa instrumen penelitian dinyatakan valid, Hasil uji reliabelitas instrumen penelitian dinyatakannn reliabel. Hasil analisis regersi Linier berganda diperoleh variabel  pembiayaan perawatan sekolah (X1), variabel bantuan transportasi siswa (X2) Mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap peningkatan motivasi siswa miskin MTsN Kubang Putih. Dengan nilai signifikan < 0,05. Hasil uji secara parsial, bahwa masing-masing variabel tersebut mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan motivasi siswa miskin pada MTsN Kgubang Putih.Hasil uji f, bahwa masing-masing variabel secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap peningkatan motivasi siswa miskin pada MTsN Kubang Putih

Author Biography

Rohimah Nur Nasution, Akademi Pariwisata Paramitha Bukittinggi

Akademi Pariwisata Paramitha Bukittinggi

References

Arikunto,Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan dan Praktek 2002. Jakarta : Rineka Cipta.

Azwar,S. 2007. Sikap Manusia Teori Dan Pengukurannya 2007. Yogyakarta : Pustaka belajar.

Budiono. 2006. Pengertian Kedisiplinan 2006. http://repository.usu.ac.id

Mulyasa.2007. Manajemen Berbasis Sekolah 2007. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Ekosiswoyo dan Rachman.2000. Motivasi Belajar dan Disiplin 2000.Semarang : IKIP Semarang Press.

Fernald dan Fernald. 2000. Anik Widiastuti 2007. Jakarta :Anik Widiastuti .

Ghozali,Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS 2005. Semarang : Undip.

Handoko. 2001. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Edisi 2. Yogyakarta: BPFE

Jonatahan,Sarwono. 2006. Metode Penelitian kuantitatif dan kualitatif 2006.Yogyakarta : Graha Ilmu.

Johnson & Christensen. 2012. Penelitian pendidikan ke-4 : kuantitatif, kualitatif, dan pendekatan campuran. London : SAGE Publication

Kuncoro,Mudrajad. 2009. Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi 2009.Jakarta : Erlangga.

Murti, Dhewanti. 2012. Pengaruh Lingkungan Sekolah, Peran Guru Dalam Proses Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada SMK Tamansiswa2012.Yogyakarata : UNY

Permendikbud. 2013. Petunjuk Teknis (Juknis) 2013. Jakarta : Permendikbud.

Permendikbud. 2014. Petunjuk Teknis (Juknis) 2014. Jakarta : Permendikbud.

Permendikbud. 2015. Petunjuk Teknis (Juknis) 2015.Jakarta : Permendikbud.

Sardiman. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar2005. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Siagian, Sondang P. 2004. Teori Motivasi dan Aplikasinya.Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Kualitatif 2005. Bandung : Afabeta.

Sugiyono.2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D 2008.Bandung : Afabeta.

Suherman, Ade. 2011. Pengaruh budaya sekolah dan kinerja guru terhadap motivasi siswa pada smpn 1 cigalontong 2011. Tasikmalaya : UMT

Sukadji,S. 2000. Psikologi Pendidikan dan Psikologi Sekolah 2000.Depok : Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan pendidikan psikologi Sekolah.

Sukmadinata. 2009. Metode Penelitian Pendidikan 2008. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Tulus,Tu’u. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa 2004.Jakarta : Grasindo.

Umar,Husein. 2003. Metodologi Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis 2003.Jakarta : Gramedia.

Downloads

Published

10-01-2023